Senin, 24 Mei 2010

Tahu lagu favorit namun lupa siapa yang menyanyikannya memang bisa menjadi hal yang menyebalkan. Nah, untuk mengatasi dilema musikal ini Anda bisa menggunakan layanan dari beberapa sumber tanpa dipungut bayaran alias gratis. Untuk menguji layanan tersebut, kita telah memilih dua track . Yang pertama adalah Tom’s Diner yang dilantunkan oleh Suzanne Vega dan yang kedua adalah tembang lawas yang dinyanyikan oleh Squeeze berjudul Tempted. Dan hasilnya?



midomi
  • Midomi (http://www.midomi.com/)
Midomi menawarkan layanan unik untuk mengenali lagu-lagu yang berseliweran dalam kepala Anda. Anda bisa bernyanyi lewat microphone dan bisa mengatur track yang kita lantunkan. Cara menggunakan layanan di situs ini sangat simple, meski tidak direkomendasikan bagi Anda yang berada di warnet. Tinggal hit kotak “click and hum or sing” dan segera lakukan cara yang Anda ingat. Situs ini langsung mengidentifikasi lagu Tom’s Diner yang dinyanyikan secara humming atau bersenandung. Hal yang sama juga terjadi pada lagu Temted yang hanya dilantunkan selama 10 detik. Saat Midomi mengidentifikasi sebuah lagu, mereka juga menyediakan video clip atau playback.
musipedia
  • Musipedia (http://www.musipedia.org/)
Musipedia menawarkan cara yang sehat untuk mengidentifikasi musik, mulai dari menekan tuts keyboard, menggambar note music dalam bentuk grafis, hingga melodic contour dengan menggunakan Parsons Code. Layanan lain yang juga ditawarkan adalah piano keyboard berbasis flash yang bisa Anda mainkan untuk mengenali sebuah lagu. Setelah Anda menekan notes pada virtual keyboard, mereka akan memainkan kembali untuk memastikan bahwa nada yang Anda masukkan sudah benar. Jika melodi sudah di-set, maka Anda bisa meminta mereka untuk segera mencari data tentang lagu tersebut. Namun sepertinya layanan di Musipedia baru bisa bekerja dengan sempurna jika Anda memasukkan nada-nada yang berasal dari lagu-lagu klasik.
Tunatic
  • Tunatic (http://www.wildbits.com/tunatic/)
Tunatic hadir sebagai software yang bisa diunduh secara gratis untuk PC dan Mac ketimbang sebuah layanan berbasis web. Dengan thumbnail interface yang sangat simple, Anda bisa dengan mudah menyanyikan sedikit bait dari lagu yang ingin Anda kenali. Hasilnya cukup menarik. Tunatic mampu mengenali kedua lagu tersebut hanya dalam hitungan detik, namun salah saat menginformasikan artis yang menyayikan lagu itu.Meski tidak sepenuhnya salah, namun Anda harus sedikit melakukan riset untuk mendapatkan hasil yang sesuai.
shazam
  • Shazam (http://www.shazam.com/)
Layanan identifikasi musik dari Shazam tersebar di berbagai mobile devices. Mulai dari BlackBerry, Android, Windows Mobile hingga Nokia. Namun Mashable mencoba layanan gratis yang tersedia di gerai aplikasi untuk iPhone dan iPod Touch. Versi gratis ini menawarkan fungsi yang terbatas jika dibandingkan dengan versi berbayar ($4.99/bulan). Namun setidaknya masih bisa digunakan untuk mengenali paling banyak 5 lagu setiap bulannya. Penggunaannya cukup mudah, tinggal mengunduh aplikasi ini, aktifkan dan hit “tag now” dan biarkan Shazam “mendengar” selama 10 detik sebelum menganalisa track tersebut, mengidentifikasi, menawarkan link ke iTunes untuk membelinya, sharing di Facebook atau Twitter, melihat clipnya di YouTube, mengecek jadwal tour dan yang lainnya. Layanan ini bekerja sempurna pada iPod dengan menggunakan headphone dan microphone Apple untuk mengenali lagu Tom’s Diner.
my name tune
  • Name My Tune (http://www.namemytune.com/)
Name My Tune mungkin bukan pilihan terbaik jika Anda menginginkan jawaban yang instant, namun menawarkan jawaban dari komunitas yang bisa jadi akan membuat Anda tertarik. Situs ini memberikan dua opsi, rekam klip Anda selama 10 detik dan biarkan orang lain (dalam komunitas) mengenalinya dan mengirimkan jawabannya lewat email atau dengarkan rekaman yang telah dibuat oleh orang lain. Anda bisa melakukan pilihan yang kedua berdasarkan genre atau era. Jadi jika Anda penikmat music rockabilly tahun 60an, bisa mendengarkan deretan rekaman yang telah ada untuk membantu Anda mengidentifikasi sebuah lagu.

sumber:http://peoplemeetme.com

15 komentar:

  1. Wahhh... keren nich...
    Coba dulu ahhh...

    BalasHapus
  2. kalau lagu2 Indonesia bisa dikenali tidak?

    BalasHapus
  3. makasih infonya...coba dulu...

    BalasHapus
  4. Maaf sob kalo belum sempet nyimak....karena blog nya berat bgt loadingnya.....met malem

    BalasHapus
  5. ===>rock:silahkan kang upex

    ===>narti & sda:silahkan mbak,klu lagunya mayoritas lgu manca

    ===>arbitter:oke sob,met malem juga^_^

    BalasHapus
  6. kalo saya mah gak usah pake gituan brow,xixixi,cukup disimpan otak...

    BalasHapus
  7. penasaran ma ai yang dipake ma ni program..selain itu database lagunya pasti gede banget..
    yg musipedia tu ake note2an segala..bikin ribet..wong pelajaran kertakes aja da sulit waktu nulis note eh untuk cari lagu pake disuruh nulis note lagi mending tanya ma ki joko bodo pasti tau lagunya..

    BalasHapus
  8. wah info yg bagus sobat..but follow back yah ..aku sudah follow

    BalasHapus
  9. hahaha...
    emang ada ya yang kaya gitu....
    aneh banget,,,

    BalasHapus
  10. oke juga nih infonya ^___^, tp sayang, saya agak sungkan untuk bersenandung, suaranya jeyek sie

    BalasHapus
  11. emang kalo nyanyinya di warnet kenapa Ngger?

    BalasHapus
  12. Suara saya kan bagus, mirip Sammy Kerispatih...:-)

    BalasHapus
  13. mantabbbb brow ane mo nyanyi bondan akh....kali aja laku dipasaran ixixix

    BalasHapus
  14. siiiiiiiiip
    langsung dicoba aaaaaah

    BalasHapus
  15. ===>attayaya:silahkan bang atta

    ===>moenas:bener tuh kang,kali aja laku..ahaha

    ===>mobile blogging tutorial:sebenarnya sih oke-oke aja kang klu di warnet,tapi ntar dikirain konser ama pengguna yg lain,jadi harus full narziz gitu..

    BalasHapus