Senin, 31 Mei 2010

Kecanduan kopi
Apakah sobat termasuk pecandu kopi seperti saya..eheheh,secara umum kopi di dianggap sebagai sarana tepat dalam mencegah ngantuk dikala sedang ngeronda malem buat BW atau dikala nonton bola.ahahah…tapi tahu gak?bahwa selain kopi itu tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan(baca disini)ternyata kopi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.penasaran??yuklah langsung disikat!!

===>Melindungi gigi. Kopi yang mengandung kafein memiliki kemampuan anti bakteri dan anti lengket, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.

===>Mencegah batu empedu. Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu memerangkap kristal-kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan di dalam kafein, akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.

===>Mencegah diabetes. Orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen. Asam klorogenik dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya penyakit ini.

===>Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Selain pada kopi, kafein juga banyak ditemukan dalam minuman teh, cola, coklat, minuman berenergi (energy drink), cokelat, maupun obat-obatan.

===>Kafein mengurangi derita sakit kepala
. Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic. Penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepala Anda dengan minuman berkafein.

===>Kopi melindungi hati dari sirosis
, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.

===>Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.

===>Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Penelitian di Universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.

===>Menurunkan risiko kanker payudara. Menjelang masa menopause, wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38 persen, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. Namun konsumsi kurang dari 4 cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini.

semoga bermanfaat^_^

11 komentar:

  1. jadi gimana dong?
    ada baik buruknya dari minum kopi...

    BalasHapus
  2. jarang minum kopi nih...

    BalasHapus
  3. Tuh kan ada manfaatnya kopi.
    Untung aku ngopi

    BalasHapus
  4. Aku suka minum kopi ngger...

    BalasHapus
  5. saya jarang2 minum kopi...untuk studi masalah sirosis kopi sebenanrnya bukan merupakan pencegah sirosis kata artikel yg saya baca hehehe

    BalasHapus
  6. kopi bisa bikin BAB lancar gak ya?

    BalasHapus
  7. saya seneng kopi susu,,, :)

    enaknya pagi2...

    BalasHapus
  8. meski d kota q bertebaran warung2 kopi dengan pelayan yg cantik dan sexy abis, tp aq g begitu suka minum kopi, lagian kopikan g bisa d minum sob he... he....

    BalasHapus
  9. ow, memang klw minum kopi ada mamfaat, tp klw berlebihan akan fatal akibatnya, jangan kan minum kopi, minum teh brlebihan, akan brpengaruh pada ginjal. air putih pun demikian, jika diminum brlebihan.

    Info menarik ^_-

    gk ada emoticon nya nih?
    membuat & menampilkan emoticon

    BalasHapus
  10. jadi tidak merasa bersalah kalo aku ngopi

    BalasHapus
  11. kalau saya minumnya pagi-pagi, beuh mantap dach

    BalasHapus