Desain logo google ini merupakan pernyataan bahwa google senang
membuat segala sesuatunya sederhana dan mudah. Setiap orang hampir sudah
pasti mengenal logo google yang sederhana, minimalis, dinamis dan
modern. Tetapi sangat sedikit yang mengenal siapa yang membuat logo
tersebut dan bagaimana proses kreatif yang terjadi dibalik pembuatan
logo search engine nomor satu dijagad maya. Kebanyakan orang menyangka
bahwa para pendiri google sendirilah yang mendesain logo perusahaan,
dugaan mendesain logo perusahaan sendiri ini sudah barang tentu salah.
Sergei Brin adalah seorang ahli matematika yang sejak awal tertarik pada
tehnik pengumpulan data acak di web sedangkan Larry Page adalah rekan
sesama mahasiswa s3 yang ahli komputer di universitas stanford.
Pada
awal pertemuan mereka selalu terlibat dalam permusuhan yang sengit
dalam perumusan teknik pengambilan data web melalui hubungan link antar
halaman web, mereka berdua selalu melihat ketidaksempurnaan dalam
perumusan yang dibuat oleh rekan mereka, sampai suatu ketika mereka
berdua memutuskan memindahkan penelitian kesebuah garasi pinjaman dari
seorang saudara Sergei Brin karena mereka harus memprioritaskan anggaran
yang masih terbatas pada hal-hal yang penting saja dan akhirnya menjadi
search engine nomor satu.
Desain logo google ini dibuat pada saat-saat akhir sebelum peluncuran search engine oleh sahabat mereka, asisten profesor seni pada Standford University, Ruth Kedar. Para pendiri google ini terkenal senang merekrut atau memakai keluarga dan sahabat-sahabat mereka untuk urusan bisnis, tapi mereka dibayar pantas lho untuk ini bukan hanya dimintai tolong atau dibayar ala kadarnya. Keputusan jeli oleh para pendiri google ini yaitu menempatkan prioritas bahwa branding, pembuatan logo dan corporate identity ini lebih penting daripada menyewa kantor yang wah dan megah terbukti berhasil dengan keberhasilan google meraup pangsa pasar search engine hingga 75% yang pada waktu itu masih didominasi Yahoo!.
Desain logo google ini dibuat pada saat-saat akhir sebelum peluncuran search engine oleh sahabat mereka, asisten profesor seni pada Standford University, Ruth Kedar. Para pendiri google ini terkenal senang merekrut atau memakai keluarga dan sahabat-sahabat mereka untuk urusan bisnis, tapi mereka dibayar pantas lho untuk ini bukan hanya dimintai tolong atau dibayar ala kadarnya. Keputusan jeli oleh para pendiri google ini yaitu menempatkan prioritas bahwa branding, pembuatan logo dan corporate identity ini lebih penting daripada menyewa kantor yang wah dan megah terbukti berhasil dengan keberhasilan google meraup pangsa pasar search engine hingga 75% yang pada waktu itu masih didominasi Yahoo!.
Sayangnya
kebanyakan pebisnis pemula atau pemilik perusahaan lebih mengutamakan
hal-hal yang bersifat artifisial atau semu seperti kantor yang wah,
pengangkat gadget mutakhir, mobil mewah ataupun memiliki sekretaris
pribadi daripada memfokuskan pengeluaran pada hal yang bersifat
investasi jangka panjang dan dapat memberikan banyak keuntungan pada
arus kas masuk perusahaan seperti branding dan logo. Tahukah anda bahwa
saat ini para pendiri google masih berjalan kaki dan tidak memiliki
mobil mewah atau sekretaris pribadi? Naluri bisnis para pendiri google
ini cukup tajam dengan melihat peluang pada dunia search engine dan
memilih untuk mengembangkan logo kelas dunia pada awal pendirian mereka.
Tidak
ada alasan lagi pada zaman sekarang untuk tidak memperhatikan logo
perusahaan anda, ini adalah hal yang sangat penting bagi kelangsungan
hidup bisnis anda bahkan mungkin lebih penting dari produk yang akan
anda jual. Apalagi kini Akarapi Indonesia sudah mampu menyediakan logo
yang berkualitas dengan harga murah. Makanya jangan sampai anda dibilang
oleh rekan bisnis anda yang gaul dengan “Haree gene masih belum punya
logo?”
Proses pembuatan logo ini dimulai dengan sebuah visi yang
sederhana dari para pendirinya yaitu bahwa mereka ingin membuat sebuah
logo yang menyenangkan tanpa adanya sebuah item, barang, benda apapun
yang dapat dikenali atau diidentifikasi yang pada akhirnya akan
membatasi google itu sendiri. Pada awalnya mereka juga tidak memiliki
visi mengenai kemana perusahaan mereka akan dibawa bahkan mereka
memasukkan tagline “google does not do horoscopes, financial advice or
chat” karena mereka menganggap bahwa hal-hal tersebut sangatlah tidak
berguna dan membuang-buang uang. Akan tetapi pada akhirnya tagline
tersebut tidak pernah muncul sama sekali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar